Pengertian Demokrasi Terpimpin Menurut Soekarno

2457 views

Pengertian Demokrasi Terpimpin Menurut Soekarno – Salah satu bentuk demokrasi yang pernah berlaku di Indonesia adalah Demokrasi terpimpin. Oleh karena itu, artikel penulis.web.id kali ini akan membahas materi tentang pengertian demokrasi terpimpin menurut Soekarno. Bagi kalian yang sedang mencari informasi tambahan terkait dengan pembahasan ini, tidak ada salahnya untuk lanjut membaca artikel ini hingga tuntas.

Pengertian Demokrasi Terpimpin Menurut Soekarno

Pengertian Demokrasi Terpimpin Menurut Soekarno

Pengertian Demokrasi Terpimpin adalah salah satu bentuk demokrasi yang memberikan keleluasaan kepada rakyatnya namun diatur dan diarahkan oleh pimpinan negara, bentuk ini disebut juga sebagai semi otoriter atau pimpinan tunggal.

Istilah demokrasi terpimpin dikenalkan secara resmi pada pidato Presiden Soekarno melalui dekrit presiden tahun 1959 di sidang konstituante di Bandung, sehingga lahirĀ Demokrasi Terpimpin pada tanggal 5 juli 1959 melalui dekrit ini yang menyatakan bahwa demokrasi terpimpin bukanlah diktator, sentralistik, ataupun liberal, akan tetapi demokrasi terpimpin merupakan permusyawaratan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, bukan dengan perdebatan dan penyiasatan.

Baca juga: Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959

Berdasarkan amanat yang diberikan menurut Presiden Sukarno pada konstituante tanggal 22 April 1959 bahwa ada pokok penting dalam demokrasi terpimpin. Pokok-pokok yang ada dalam demokrasi terpimpin adalah sebagai berikut:

  • Demokrasi terpimpin bukanlah diktator, berlainan dengan demokrasi sentralisme, dan berbeda pula dengan demokrasi liberal yang dipraktikkan selama ini
  • Demokrasi terpimpin adalah demokrasi yang cocok dengan kepribadian dan dasar hidup bangsa Indonesia.
  • Demokrasi terpimpin adalah demokrasi di segala soal kenegaraan dan kemasyarakatan yang meliputi bidang politik, ekonomi, dan sosial
  • Inti pimpinan dalam demokrasi terpimpin adalah permusyawaratan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, bukan oleh perdebatan dan penyiasatan yang diakhiri dengan pengaduan kekuatan dan perhitungan pro dan kontra.
  • Oposisi dalam arti melahirkan pendapat yang sehat dan yang membangun diharuskan dalam alam Demokrasi terpimpin adalah yang penting ialah para permusyawaratan yang dipimpin dengan hikmat kebijaksanaan.

Demokrasi terpimpin dibuat dikarenakan timbulnya perlawanan terhadap keburukan yang ada karena praktik demokrasi parlementer yang ada sebelumnya yaitu liberal. Demokrasi liberal seperti yang kita telah alami, membuat perpecahan diantara masyarakat baik dalam kehidupan politik maupun dalam tatanan kehidupan ekonomi.

Akan tetapi, penerapan demokrasi terpimpin tidaklah sama dengan pokok pokok demokrasi terpimpin yang telah diungkapkan Presiden Soekarno. Hal ini disebabkan lemahnya legislatif baik dari segi tekanan eksekutif maupun bobroknya legislatif pada saat itu.

Dengan penerapan demokrasi adalah salah satu sistem yang diperlukan untuk proses pemerintahan agar berjalan lancar. Demokrasi terpimpin menurut Soekarno adalah salah satu proses perjalanan demokrasi di Indonesia. Semoga kedepannya demokrasi di Indonesia semakin baik agar seluruh rakyat Indonesia bisa hidup dengan nyaman.

Tags: #demokrasi terpimpin #Indonesia #menurut #pengertian #presiden #soekarno