Pengertian Hubungan Internasional

8453 views

Hubungan internasional adalah proses relasi manusia yang terjadi mendampingi bangsa untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Hubungan itu bisa berupa interaksi antar individu (misalnya turis, mahasiswa, serta pekerja asing); antar kelompok (misalnya lembaga-lembaga perdagangan, dan sosial) atau hubungan antar negara (misalnya negara-negara yang menjalin tumpuan ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, atau negara-negara nun membentuk organisasi internasional diantaranya Sejarah PBB atau ASEAN). Hubungan Internasional (hubungan antarbangsa) sendiri terjadi karena dilatarbelakangi oleh kesadaran bahwa semata negara tidak akan barangkali bisa memenuhi kebutuhannya otonom dan akan selalu membutuhkan negara lain.

Hubungan InternasionalPengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional tidak hanya tercipta karena ingin bekerjasama. Pertemanan, persengketaan, permusuhan, ataupun pertempuran juga termasuk hubungan universal. Hubungan internasional bisa mengantar individu, antar kelompok, maupun antar negara di negara yang berbeda. Menurut Arthur Nussbaum Sam Suhaedi Admawira, hubungan antar internasional juga terdapat hukum internasional yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat internasional.

1. Pengertian Hubungan Internasional Secara Umum

Arti hubungan internasional secara lazim adalah kerjasama antar negara, yaitu unit politik dengan didefinisikan secara global guna menyelesaikan berbagai masalah. Dari segi UU No. 37 Tahun 1999, hubungan internasional merupakan kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional dengan dilakukan oleh pemerintah dalam tingkat pusat dan universal yang dilakukan oleh permerintahan sebuah negara pusat dan daerah, pembahasan negara, badan usaha, perkumpulan politik, organisasi masyarakat, LSM atau Warga Negara.

2. Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian hubungan internasional menurut para ahli:

  • Menurut J. C. Johari, hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlaku diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas negara.
  • Menurut Mohtar Mas’oed, hubungan internasional adalah relasi yang melibatkan bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga diperlukan mekanisme yang kompleks serta melibatkan banyak negara.
  • Menurut Tygve Nathlessen, hubungan Internasional adalah bagian dari ilmu politik, oleh karena itu komponen hubungan internasional sendiri tak lepas dari politik internasional, organisasi dan tata usaha internasional serta hukum internasional.
  • Menurut Warsito Sunaryo, hubungan internasional merupakan studi mengenai interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk uraian tentang keadaan relevan dengan mengelilingi interaksi.

3. Pola Hubungan Internasional

Dengan garis besar, pola hubungan antarbangsa dapat dibedakan jadi tiga jenis, yaitu pola penjajahan, ketergantungan, serta pola hubungan sama derajat antarbangsa.

  1. Pola Hubungan Penjajahan
    Di pola hubungan ini, suatu negara yang kuat bakal menghisap kekayaan negara beda yang lemah. Negara penjajah biasanya akan membangun bervariasi sarana dan prasarana di protektorat yang bertujuan guna memperlancar tujuan negara penjajah untuk mengeksploitasi sumber kecakapan alam daerah jajahan. Contoh hubungan penjajahan ini pula biasa disebut dengan kolonialisme.
  2. Pola Hubungan Ketergantungan
    Pola hubungan ketergantungan terjadi antara negara2 dunia ketiga yang tetap terbelakang dengan negara-negara maju. Sebagian negara-negara dunia ketiga yang baru merdeka sehabis Perang Dunia II biasanya masih memiliki modal dengan terbatas. Itulah sebabnya apa sebab negara-negara dunia ketiga ini banyak yang bergantung kepada pemodal asing dari negeri2 maju untuk menjalankan jentera perekonomian mereka. Pola hubungan ketergantungan ini lah yang pada akhirnya memunculkan apa-apa yang disebut sebagai neokolonialisme.
  3. Pola Hubungan Sama Derajat
    Pada pola hubungan ini terjadi kalau negara2 yang melakukan relasi merasa sama-sama untung dan dilakukan dengan tujuan mencapai kesejahteraan bersama.

Demikian postingan penulis.web.id kali ini tentang Pengertian Hubungan Internasional, semoga dengan membaca artikel ini dapat menambah ilmu kita. Mungkin saja masih banyak kekurangan dalam penulisan artikel ini, namun kalian dapat mendiskusikannya melalui kotak komentar dibawah ini,. Terimakasih atas kunjungannya.

Tags: #Hubungan #Internasional #pengertian