Pengertian Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup

14224 views

Pengertian Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup – Pada pembahasan sebelumnya, Penulis.web.id pernah membahas mengenai Pengertian Ideologi Pancasila termasuk ideologi terbuka. Sebenarnya ada dua tipe ideologi sebagai ideologi suatu negara yaitu ideologi terbuka dan ideologi tertutup. Oleh karena itu, posting kali ini akan membahas mengenai Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup.

Pengertian Ideologi Terbuka dan Ideologi TertutupPengertian Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup

Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup adalah suatu klasifikasi dari ideologi itu sendiri. Pada setiap ideologi tersebut pempunyai sesuatu yang membuat ideologi tersebut dapat bertahan hingga sekarang, hal tersebut itu disebut dengan daya tahan serta dimensi ideologi, dengan adanya hal itu maka ideologi dapat menyesuaikan diri dari perkembangan zaman. Ideologi itu juga memiliki Hakekat serta Fungsi ideologi yang mempunyai berbagai macam nilai.

Ideologi Terbuka

Pengertian Ideologi terbuka adalah ideologi yang tidak dimutlakkan. Selain itu Ideologi terbuka dapat diartikan sebagai nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar, tetapi digali dan diambil dari kekayaan rohani, budaya dan moral masyarakat itu sendiri. Ideologi terbuka merupakan ideologi yang dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman dan adanya dinamika secara internal.

Ciri – Ciri Ideologi Terbuka

  • Cita-cita hidup dalam masyarakat
  • Merupakan hasil dari musyawarah dan konsensus rakyatnya
  • Nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari diri masyarakat
  • Ideologi terbuka bersifat dinamis dan reformasi

Banyak yang bertanya, mengapa pancasila termasuk ideologi terbuka ? Menjawab pertanyaan tersebut, dapat kita simpulkan, Pancasila dilihat dari sifat – sifat dasarnya dapat dikatakan sebagai ideologi terbuka. Pancasila Sebagai ideologi terbuka memiliki dimensi – dimensi idealitas, normatif dan realitas. Rumusan – rumusan pancasila sebagai ideologi terbuka bersifat umum, universal, sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945

Ideologi Tertutup

Pengertian Ideologi tertutup adalah ideologi yang bersifat mutlak. Ideologi tertutup merupakan suatu kebenaran dari ideologi tertutup tidak dipermasalahkan dalam nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral yang lain. Ideologi tertutup memiliki sifat yang dogmatis dan apriori.

Arti dogmatis adalah mempercayai terhadap suatu keadaan tanpa daya yang valid, sedangkan arti apriori adalah berprasangka terlebih dahulu terhadap suatu keadaan. Dengan kata lain bahwa Ideologi tertutup merupakan ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi setiap masyarakat.

Ciri – Ciri Ideologi Tertutup

  • Bukan cita-cita yang hidup dalam diri masyarakat
  • Tidak bersifat nilai atau cita-cita
  • Kepercayaan dan kesetiaan yang sifatnya kaku
  • Terdiri dari tuntutan konkret dan operasional secara mutlak

Demikian tadi penjelasan mengenai Pengertian Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup. Dengan memahami masing-masing ideologi tersebut, tentunya kita ambil kesimpulan mengenai ideologi yang saat ini dipergunakan di Indonesia. Seperti kita ketahui bahwa Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tags: #Ideologi #ideologi terbuka #ideologi tertutup #pengertian