Pengertian, Jenis Jenis, Dan Manfaat Jaringan Komputer

10185 views

Penulis.web.id – Kali ini Penulis akan membahas mengenai Pengertian, Jenis Jenis, Dan Manfaat Jaringan Komputer umum yang ada sekarang ini. Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang khusus dirancang untuk dapat bekerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang sama dalam berbagai manfaat.

Pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer adalah interkoneksi antar dua komputer atau lebih yang saling terhubung dengan sebuah media transmisi yaitu menggunakan kabel atau tanpa kabel yang biasa di sebut Wireless. Arti dari interkoneksi ialah dua unit komputer yang saling berkoneksi, di katakan berkoneksi jika keduannya saling bertukar data atau informasi, berbagi resource yang di miliki, seperti file,printer, media penyimpanan (harddisk,flasdisk,cd-rom, dll).

Manfaat Jaringan Komputer

  1. Berbagi sumber daya / pertukaran data
  2. Mempermudah berkomunikasi / bertransaksi
  3. Membantu akses informasi
  4. Mampu memberikan akses informasi dengan cepat dan up-to-date

Semakin berkembang pesatnya pengguna komputer saat ini, maka penggunaan komputer dan jaringan komputer juga pun beragam. Sehingga didalam jaringan komputer di kenal dengan sebuah system koneksi antar node(komputer) yaitu:

Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan

Secara umum sebuah jaringan komputer memiliki 3 jenis yaitu:

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network adalah jaringan dengan lingkungan kecil, dimana jaringan ini di batasi oleh sebuah area atau lingkungan. Jaringan LAN sering kita jumpai diperkantoran, kampus, maupun warnet. Jaringan ini biasanya terdiri dari komputer, printer, dan perangkat lainnya.

Keuntungan

Jenis jaringan LAN lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node dan komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit atau lokal, dan tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membuat sebuah jaringan LAN.

Kerugian

Kerugian jaringan LAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih sulit dan area cakupan transfer data tidak begitu luas.

Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN)

2. Metropolitan Area Network (MAN)

Merupakan jaringan dengan area yang lebih luas dari LAN, maka jenis jaringan ini memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan kemampuan transfer datapun berkecepatan sangat tinggi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil, misalnnya pada jaringan beberapa kantor cabang dalam satu kota dengan yang lainnya.

Keuntungan

Adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, dan juga keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.

Kerugian

Seperti lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh para Cracker untuk mengambil keuntungan pribadi, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu yang cukup lama.

Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN)

3. Wide Area Network (WAN)

Jenis jaringan ini memberikan layanan lebih luas lagi dibanding LAN dan MAN yaitu dapat menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa LAN yang ada di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkannya dan device itu kita sebut router. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

Keuntungan

Cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis.

Kerugian

Biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih banyak, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.

Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN)

Jenis Jenis Jaringan Komputer berdasarkan fungsinya:

1. Peer to Peer
Merupakan suatu model, dimana setiap komputer dapat memakai resource pada komputer lain atau memberikan resourcenya untuk komputr lain. Didalam model ini, tidak ada yang bertindak sebagai server yang mengatur system komunikasi dan penggunaan resource komputer yang ada dalam sebuah jaringan. Sehingga semua bisa menjadi server dan client pada saat bersamaan.

2. Client Server
Merupakan sebuah model jaringan komputer yang menggunakan satu atau lebih sebagai server untuk memberikan resource komputer kepada komputer lain atau yang di sebut client.

Tujuannya antara lain untuk berkomunikasi, akses informasi, serta menerima maupun memberikan suatu layanan. Bagian yang menerima layanan disebut Client dan pada bagian yang memberikan layanan disebut sebagai Server. Sistem ini lebih dikenal sebagai sistem client-server yang sudah banyak digunakan hampir pada seluruh aplikasi jaringan komputer.

Peer to Peer dan Client ServerClient Server dan Peer to Peer

Jenis Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

  1. Topologi BUS
  2. Topologi Star
  3. Topologi Ring
  4. Topologi Mesh
  5. Topologi Tree
  6. Topologi Linier

Untuk lebih jelasnya silahkan anda klik tautan Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan media transmisi

1. Jaringan berkabel ( Wired Network)

Jaringan ini mengunakan media kabel dalam menghubungkan setiap komputer dalam jaringan.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Jaringan ini tidak menggunakan media kabel sebagai alat pengbungnya, tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik dalam setiap kiriman sinyal informasinya.

Munkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga artikel tentang Pengertian, Jenis Jenis, Dan Manfaat Jaringan Komputer dapat bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih.

Tags: #jaringan komputer #LAN #MAN #pengertian jaringan komputer #WAN #wirelles