Pengertian Seni Musik dan Fungsinya

2239 views

Pengertian Seni Musik dan Fungsinya, Pengertian seni musik adalah suatu cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi bagi pembuatnya. Sedangkan musik adalah seni yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.

Adapula yang menyebutkan bahwa Seni musik merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan ataupun emosi penciptanya. Dari berbagai sumber penulis.web.id kumpulkan, seni musik saat ini telah menjadi salah satu sarana hiburan yang paling populer di muka bumi ini. Seni musik terdiri dari alunan musik dari alat-alat musik dan beberapa menggunakan olah vokal.

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik dan Fungsinya

Definisi Seni Musik

Kata seni musik berasal dari dua kata yakni “seni” dan “musik”. Kata seni adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang di wujudkan dalam berbagai sarana. sedangkan musik berarti hasil pengolahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo. Jadi secara harfiah seni musik merupakan hasil cipta, rasa dan krasa manusia yang di wujudkan dalam olahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal dan tempo.

Sementara itu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tidak ada arti untuk kata seni, Akan tetapi Terdapat arti kata seni suara yakni yang memiliki makna paling dekat dengan seni musik, Arti kata seni suara menurut KBBI adalah seni olah suara atau bunyi.

Asal Mula Kata Seni Musik

Pengertian seni musik secara etimologi

Secara etimologi kata ‘musik’ berasal dari bahasa Inggris music. Sedangkan kata ‘music’ berasal dari bahasa Yunani mousikê. Kata tersebut digunakan untuk merujuk kepada semua seni yang dipimpin oleh Muses. Namun, kebanyakan seni yang dipimpin oleh Muses berupa seni musik dan puisi. Kemudian di Roma, kata ars musica digunakan untuk mengistilahkan puisi yang menggunakan instrumen musik.

Pengertian musik secara konvensional

Secara konvensional Seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu. Sedangkan musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengertian seni musik adalah sarana ekspresi seorang seniman yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa baik dengan menggunakan alat musik maupun suara vokal.

Baca: Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Fungsi Seni Musik:

1. Psikologis (kejiwaan )

Karya music dapat memengaruhi jiwa manusia, mampu membangkitkan semangat atau melemahkan semangat, misalnya pada lagu – lagu perjuangan dan kebangsaan.

2. Pedagogis(Pendidikan).

Karay music daapt dipakai dan sangat penting dipaki sebagai perantara di dalam pendidikan, misalnya lagu kanak-kanak dan anak-anak.

3. Sosiologis

Musik oleh manusia dipakai sebagai kawan yang dapat membantu atau sebagai perantara dalam kehidupan sehari-hari, misalnya lagu bekerja, untuk keagamaan, iringan tari, drama, film, peragaan pakaian, pengobatan, pesta, acara di radio dan tv, politik.

4. Kultural (kebudayaan).

Musik merupakan salah satu hasil kebudayaan manusia. Musik dapat merupakan suatu hasil kebudayaan yang mempunyai nilai seni yang tinggi.

5. Historis (Sejarah).

Di dalam tingkatan (nilai) perkembangan peradaban manusia, music pun tidak ketinggalan di dalam keikutsertaan untuk menentukan tingkatan peradaban manusia pada umumnya. Jadi, karya musik merupakan salah satu tiang/unsur di dalam menegakkan sejarah manusia.

Dari Pengertian Seni Musik dan Fungsinya diatas, dapat kita simpulkan bahwa seni musik merupakan sebuah karya seni yang timbul akibat dari ekspresi perasaan manusia melalui nada atau suara yang harmonis dan indah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, Semangat untuk terus belajar kalian pasti bisa jika ada kemauan untuk terus belajar, sampai ketemu di artikel berikutnya. Terima Kasih.

Tags: #para ahli #pengertian #pengertian musik #pengertian seni #seni musik