Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

36062 views

Pengertian Seni Musik Menurut Para AhliSeni musik merupakan salah satu cabang seni yang menggunakan olahan vokal, harmoni, melodi, ritme, dan tempo sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan atau rasa emosi sang penciptanya. Saat ini, seni musik telah menjadi salah satu cabang pendidikan dan pekerjaan yang paling banyak diminati oleh setiap orang, serta sebagai sarana hiburan populer seiring dengan perkembangan teknologi jaman sekarang ini. Seni musik terdiri dari alunan musik dan alat musik serta beberapa di antaranya menggunakan olah vokal.

Seiring dengan terkenalnya musik serta diimbangi keberadaan seni di dalam nya, maka lahirlah istilah Seni MusikPengertian Seni Musik Menurut Para Ahli banyak dipelajari oleh para pencinta pada cabang pendidikan seni musik ini. Kata musik berasal dari Bahasa Inggris, yaitu “Music” atau dari Bahasa Belanda, yaitu “Muziek”. Sedangkan pendapat para ahli menyatakan bahwa kata musik berasal dari nama dewa kesenian dalam mitologi Yunani kuno (purba) yang bernama “Muse”. (bukan group band muse lohh..).

musicPengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Definisi Seni Musik berasal dari 2 kata, yaitu “seni” dan “musik”. Kata Seni dapat diartikan sebagai sesuatu karya yang indah dan luar biasa hasil cipta, rasa, karsa manusia, sedangkan untuk pengertian Musik adalah hasil pengolahan nada atau suara, harmoni, melodi, ritme, tempo, dan vokal. Dua hal tersebut dipadukan sehingga muncullah istilah Seni Musik yang dapat diartikan sebagai sebuah karya yang terbentuk dari bunyi-bunyian bernada dengan harmoni yang indah. Banyak para ahli memiliki pendapat yang berbeda – beda tentang Pengertian Seni Musik. Para ahli mengartikannya berdasarkan suatu pengalaman, pengetahuan, dan pemikiran yang berbeda. Sebenarnya tidak ada yang salah dari pengertian yang telah mereka kemukakan, semuanya memiliki dasar yang kuat sesuai pada bidang keahlian mereka masing – masing.

Menurut penulis, dari sekian banyak Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli, dibawah ini sebagian pengertian yang bisa kalian dijadikan tambahan buat pengetahuan, bahwa seni musik itu menjadi cabang pengetahuan yang sangat luas dan tak terbatas nilai ilmunya;

Pengertian Seni Musik Menurut Pendapat Para Ahli

  • Banoe (2003 : 288)

Musik yang berasal dari kata muse yaitu salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno bagi cabang seni dan ilmu; dewa seni dan ilmu pengetahuan. Selain itu, beliau juga berpendapat bahwa musik merupakan cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia.

  • Jamalus (1988 : 1)

Seni Musik adalah suatu hasil karya seni berupa bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu irama, melodi, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai suatu kesatuan.

  • Sylado (1983 : 12)

Menyatakan bahwa seni musik adalah wujud hidup dari kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelas beliau mengatakan bahwa alunan musik dengan nada yang berjiwa akan mampu menggerakkan hati penikmatnya.

  • Lexicographer

Sebagai seorang ahli kamus menyatakan bahwa seni musik merupakan kombinasi nada, vocal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.

Dari beberapa Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli diatas, dapat kita simpulkan bahwa seni musik merupakan sebuah karya seni yang timbul akibat dari ekspresi perasaan manusia melalui nada atau suara yang harmonis dan indah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih.

Tags: #para ahli #pengertian #pengertian musik #pengertian seni #seni musik